Rabu, tanggal 22 april, ya,. setiap tanggal inilah dunia memeperingati hari bumi. Hari bumi bukanlah hari untuk memperingati lahirnya bumi, tetapi hari dimana menuntut setiap orang sadar akan bumi adalah tempat mereka berlindung dan menuntut kita untuk memelihara serta menjaganya.

Sedikit kembali ke masa lalu tepatnya pada tahun 1970. Pada tahun inilah asal usul hari bumi, bermula dari suatu kejadian di negara jepang tepatnya di teluk minamata. banyak penduduk disana menderita penyakit yang di duga akibat pencemaran lingkungan oleh unsure logam berat Merkuri atau air raksa. sehingga sekarang penyakit tersebut bernama penyakit minamata sesuai dengan asal muasalnya.

Peristiwa ini di picu oleh pencemaran air laut oleh sebuah industry kimia selama puluhan tahun membuang limbah Merkuri ke dalam laut mengakibatkan tercemarnya mahkluk laut seperti ikan , sifut dan kerang. tanpa disadari manusia dan hewan darat seperti kucing menjadi tempat terakhir penumpukan merkuri akibat mengkonsumsi ikan, kerang dan semua makhluk yang ada di minamata. Meskipun sekarang penyakit minamata tidak merajalalela namun pengalaman minamata dan bencana alam akibat ulah tangan manusia member kita pelajaran bahwa merusak bumi dan lingkungan itu bisa mengakibatkan malapetaka kerena prihatin terhadap kerusakan bumi, pada tangal 22 April 1970 Senator USA Gaylord Nelson memulai kegiatan peduli lingkungan, pada hari itu lah hari bumi pertama kali di canangkan.

Jadi hari bumi di maksudkan untuk menggalakan masyarakat seluruh dunia untuk peduli atau lebih prihatin terhadap lingkungan dan alam sekitar. Oleh karena itu setiap tahunnya hari bumi selalu diperingati dengan tema peduli lingkungan dan bumi.
Memang terasa ironis bila peduli terhadap alam hanya pada saat hari bumi saja, tetapi setidaknya bisa mengingatkan orang orang yang belum sadar akan bahaya kerusakan lingkungan setiap tahunnya, daripada lupa selamanya, bukan begitu?
Lalu apa saja yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi dari kehancuran? ya,..
kita bisa melakukan hal hal yang sederhana diantaranya :

• mengurangi penggunaan air bersih yang berlebihan
• mengunakan metode reduce yaitu mengurangi penggunaan pemakaian bahan yang terbuat dari plastik yang tidak bisa didaur ulang
• mengunakan kembali bahan-bahan yang bisa dimanfaatkan
• dan recycle yaitu mendaur ulang bahan bahan agar bisa digunakan kembali

Maka dari itu bertindaklah sekecil apapun, karena semua tindakan besar selau diawali oleh tindakan kecil. sekarang apa yang bisa saudara lakukan untuk bumi kita?